Buku

Heartbreak Formula by Mpur Chan: Formula Untuk Menyembuhkan Hati Yang Terluka

Sore tadi pukul 6:45 di hari ulang tahun Harry yang ke-18, aku menabrakkan diri pada sebuah mobil yang melaju.
Harry… pria yang kupercaya dan selalu ada untukku, berubah sejak kami masuk SMA.
Pria itu tak lagi ada di sampingku, bahkan ketika aku sedang berada di titik terendah dalam hidupku.
“Kupikir aku punya jawaban untuk masalahmu,” ujar Dokter Cornell, merendahkan suaranya. “Tim penerlitianku sedang bereksperimen membuat formula untuk membuat manusia lupa akan kejadian buruk di masa lalu. Formula Olvidelo.
Ketika penawaran itu datang, sebuah pintu baru seolah terbuka di hadapanku.
Formula itu mungkin adalah sebuah jawabannya. Masalahnya, aku tak tahu apakah formula itu akan menyelamatkanku… atau malah menjerumuskanku

C360_2018-01-20-13-10-52-639

 

Judul Buku                       : Heartbreak Formula

Nama Pengarang             : Mpur Chan

Nama Penerbit                 : Haru

Ketebalan Buku                : 292 hlm

Cetakan                             : Pertama, Desember 2017

ISBN                                   : 978-602-6383-38-9

Pertama kali tahu buku ini dari kakak perempuanku, yang ternyata junior Mpur Chan saat belajar bahasa Korea di Bandung. Tertarik dengan tema sci-fi yang disajikan dalam blurb nya, aku pun memutuskan ikut Pre-Order. Begitu buku pesananku sampai, aku bergegas membuka halaman pertama.

“Setelah percobaan bunuh diri pertamaku, tiap kali aku merasa bebanku terlalu berat dan rasanya tak tertahankan lagi, pikiranku tak terlepas dari kematian.”

Sejujurnya, membaca buku ini terasa berat. Bukan karena ceritanya, ataupun karakter, namun bagaimana penulis mendeskripsikan keadaan setiap karakternya. Mungkin karena aku sendiri merupakan penderita depresi dan memiliki trauma terhadap kegiatan mengajar, ada beberapa kali aku harus menutup buku ini. Beberapa sedikit memicu serangan panik, namun untungnya aku bisa menenangkan diri dan menyelesaikannya.

Alur ceritanya sendiri sangat sederhana. Dari awal hingga akhir penulis memusatkan isi cerita pada perjalanan Summer sebagai salah satu subyek percobaan. Tidak ada konflik kepentingan seperti yang biasa terjadi dalam kisah-kisah genre sci-fi pada umumnya.

Meski terbilang terlalu ‘ringan’ untuk ukuran genre sci-fi, Heartbreak Formula sangat cocok dibaca di kala hati sedang sedih, atau sebagai pengingat ada orang yang bisa jadi senasib dengan diri kita, dan membuat kita berpikir bahwa ada harapan untuk kembali bahagia.

 

 

Leave a comment